Tips dan Trik Belajar Online Lancar di Rumah

Belajar Online jadi kegiatan yang lumrah saat ini. Pandemi membuat hampir seluruh dunia menerapkan pembelajaran online di semua jenjang pendidikan. Pembelajaran secara daring juga menciptakan drama dan dilema bagi para pelajar terutama mereka yang baru kali ini merasakan pembelajaran secara online. Ternyata ada banyak tips dan trik yang bisa dipersiapkan untuk kelancaran belajar di rumah. Apa saja? 

Amankan Paket Internet 

Pembelajaran secara online pasti memerlukan paket internet. Bisa dalam bentuk wifi atau tethering menggunakan ponsel. Satu hal yang pasti, orang tua dan murid harus mempersiapkan paket data yang cukup dan mumpuni. Kecepatan harus bagus dan jumlah paket data harus pas setiap bulannya. 

Tips agar belajar daring di rumah lancar adalah dengan memastikan menggunakan paket yang mumpuni dan cukup jauh – jauh hari. Pertimbangkan untuk menggunakan provider dengan kemampuan jaringan yang stabil, harga yang pas, dan mudah ditemukan. Murah saja tidak cukup dan mahal saja belum tentu bagus. . 

Sediakan Tempat Privat 

Belajar online memerlukan privasi tersendiri bagi siswa agar fokus. Di sekolah, siswa bisa fokus dengan mudah meskipun berjibaku dengan murid lain karena tempatnya adalah di sekolah. Sedangkan di rumah, banyak kegiatan yang dilakukan. Percaya atau tidak kadang suara paket di depan rumah, tetangga yang masuk, orang sedang memasak, dan aktivitas random lainnya bisa mengganggu aktivitas dan fokus belajar. 

Untuk anak SD dan SMP yang masih bergantung dengan orang tua perlu menyampaikan pendapatnya jika dirasa tempat belajar yang saat ini digunakan kurang mendukung. Orang tua juga perlu memperhatikan agar kondisi belajar anak kondusif. Untuk yang sudah SMA dan Kuliah bisa kemungkinan bisa menciptakan tempat yang kondusif dengan berdiskusi bersama orang tua. 

Atur Jadwal 

Sistem pembelajaran online kadang berbeda dengan belajar di sekolah terutama dari segi waktu. Banyak kita temukan kadang jadwal bisa berubah dan tidak tentu. Terlepas dari itu, perlu sekali orang tua bisa mendampingi anak yang masih TK, SD, dan SMP mengatur jadwal belajar online. Misalnya, jika pembelajaran online dilakukan siang hari, usahakan urusan rumah sudah selesai dan bisa mendampingi anak. 

Untuk mereka yang sudah dewasa misalnya di jenjang SMA dan Kuliah, coba atur dan komunikasikan jadwal bersama orang rumah. Pengaturan jadwal ini bisa meminimalisasi gangguan yang akan datang. 

Kondisikan Suasana 

Rumah identik dengan suasana yang santai seperti di pantai. Nuansa libur dan malas – malasan karena hakikatnya rumah adalah tempat untuk istirahat. Apalagi jika kita punya kamar sendiri – sendiri. Untuk belajar online, kita perlu mengkondisikan suasana. Langkahnya bisa bermacam – macam, misalnya dengan menggunakan baju seragam sekolah, menata meja belajar seperti di kelas, hingga sekedar rapi saat belajar saja juga sudah cukup. Kita mengharapkan suasana seperti ini bisa membantu siswa untuk fokus belajar meski sedang berada di rumah. 

Gunakan Online Tools 

Jangan sungkan dan ragu untuk menggunakan berbagai online tools yang ada untuk mendukung proses belajar di rumah. Misalnya tools pengaturan waktu, alarm, kalendar, progress tugas, hingga diskusi belajar online. Keberadaan tools ini bisa membantu belajar di rumah semakin kondusif dan produktif serta efisien.

Open chat
Powered by